PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kompetensi Dasar Teori Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran Kelas X PM di SMK Negeri 1 Bandung
ctrlnum |
15512 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/15512/</relation><title>PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA : Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kompetensi Dasar Teori Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran Kelas X PM di SMK Negeri 1 Bandung</title><creator>Syamiya, Estu Niana</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>HB Economic Theory</subject><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan perlakuan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan metode pembelajaran discovery pada mata pelajaran ekonomi di kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Bandung.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Teknik Analisis data dengan statistik parametrik yang meliputi uji beda rata-rata (paired sampels t-test dan independent samples t-test), gain score dan perhitungan effect size dengan menggunakan bantuan SPSS versi 17. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning sebesar 20,3, dan pembelajaran discovery sebesar 22,4. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem based learning terhadap kelas kontrol dan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas metode pembelajaran Problem based learning.</description><date>2015-07-02</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/8/T_PE_1303223_Titel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/1/T_PE_1303223_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/7/T_PE_1303223_Table_of_Content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/3/T_PE_1303223_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/4/T_PE_1303223_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/9/T_PE_1303223_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/5/T_PE_1303223_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/6/T_PE_1303223_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/2/T_PE_1303223_Bibilography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/10/T_PE_1303223_Appendix.pdf</identifier><identifier> Syamiya, Estu Niana (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA : Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kompetensi Dasar Teori Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran Kelas X PM di SMK Negeri 1 Bandung. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><relation>http://repository.upi.edu/</relation><recordID>15512</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Syamiya, Estu Niana |
title |
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA : Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kompetensi Dasar Teori Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran Kelas X PM di SMK Negeri 1 Bandung |
title_sub |
Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kompetensi Dasar Teori Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran Kelas X PM di SMK Negeri 1 Bandung |
publishDate |
2015 |
topic |
H Social Sciences (General) HB Economic Theory L Education (General) |
url |
http://repository.upi.edu/15512/8/T_PE_1303223_Titel.pdf http://repository.upi.edu/15512/1/T_PE_1303223_Abstract.pdf http://repository.upi.edu/15512/7/T_PE_1303223_Table_of_Content.pdf http://repository.upi.edu/15512/3/T_PE_1303223_Chapter1.pdf http://repository.upi.edu/15512/4/T_PE_1303223_Chapter2.pdf http://repository.upi.edu/15512/9/T_PE_1303223_Chapter3.pdf http://repository.upi.edu/15512/5/T_PE_1303223_Chapter4.pdf http://repository.upi.edu/15512/6/T_PE_1303223_Chapter5.pdf http://repository.upi.edu/15512/2/T_PE_1303223_Bibilography.pdf http://repository.upi.edu/15512/10/T_PE_1303223_Appendix.pdf http://repository.upi.edu/15512/ http://repository.upi.edu/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan perlakuan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan metode pembelajaran discovery pada mata pelajaran ekonomi di kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Bandung.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Teknik Analisis data dengan statistik parametrik yang meliputi uji beda rata-rata (paired sampels t-test dan independent samples t-test), gain score dan perhitungan effect size dengan menggunakan bantuan SPSS versi 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning sebesar 20,3, dan pembelajaran discovery sebesar 22,4. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem based learning terhadap kelas kontrol dan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas metode pembelajaran Problem based learning. |
id |
IOS14013.15512 |
institution |
DEFAULT |
institution_type |
library:public library |
library |
DEFAULT |
collection |
DEFAULT |
city |
DEFAULT |
province |
DEFAULT |
repoId |
IOS14013 |
first_indexed |
2020-06-22T08:28:27Z |
last_indexed |
2020-06-22T08:28:27Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1765980039108624384 |
score |
17.538404 |