ctrlnum 15512
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/15512/</relation><title>PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA : Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kompetensi Dasar Teori Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran Kelas X PM di SMK Negeri 1 Bandung</title><creator>Syamiya, Estu Niana</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>HB Economic Theory</subject><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan perlakuan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan metode pembelajaran discovery pada mata pelajaran ekonomi di kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Bandung.&#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Teknik Analisis data dengan statistik parametrik yang meliputi uji beda rata-rata (paired sampels t-test dan independent samples t-test), gain score dan perhitungan effect size dengan menggunakan bantuan SPSS versi 17. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning sebesar 20,3, dan pembelajaran discovery sebesar 22,4. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem based learning terhadap kelas kontrol dan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas metode pembelajaran Problem based learning.</description><date>2015-07-02</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/8/T_PE_1303223_Titel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/1/T_PE_1303223_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/7/T_PE_1303223_Table_of_Content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/3/T_PE_1303223_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/4/T_PE_1303223_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/9/T_PE_1303223_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/5/T_PE_1303223_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/6/T_PE_1303223_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/2/T_PE_1303223_Bibilography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/15512/10/T_PE_1303223_Appendix.pdf</identifier><identifier> Syamiya, Estu Niana (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA : Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kompetensi Dasar Teori Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran Kelas X PM di SMK Negeri 1 Bandung. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><relation>http://repository.upi.edu/</relation><recordID>15512</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syamiya, Estu Niana
title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA : Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kompetensi Dasar Teori Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran Kelas X PM di SMK Negeri 1 Bandung
title_sub Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Bisnis Kompetensi Dasar Teori Elastisitas Permintaan dan Elastisitas Penawaran Kelas X PM di SMK Negeri 1 Bandung
publishDate 2015
topic H Social Sciences (General)
HB Economic Theory
L Education (General)
url http://repository.upi.edu/15512/8/T_PE_1303223_Titel.pdf
http://repository.upi.edu/15512/1/T_PE_1303223_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/15512/7/T_PE_1303223_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/15512/3/T_PE_1303223_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/15512/4/T_PE_1303223_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/15512/9/T_PE_1303223_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/15512/5/T_PE_1303223_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/15512/6/T_PE_1303223_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/15512/2/T_PE_1303223_Bibilography.pdf
http://repository.upi.edu/15512/10/T_PE_1303223_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/15512/
http://repository.upi.edu/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan perlakuan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan metode pembelajaran discovery pada mata pelajaran ekonomi di kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Teknik Analisis data dengan statistik parametrik yang meliputi uji beda rata-rata (paired sampels t-test dan independent samples t-test), gain score dan perhitungan effect size dengan menggunakan bantuan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning sebesar 20,3, dan pembelajaran discovery sebesar 22,4. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem based learning terhadap kelas kontrol dan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas metode pembelajaran Problem based learning.
id IOS14013.15512
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:28:27Z
last_indexed 2020-06-22T08:28:27Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765980039108624384
score 17.538404