ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR: Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Daftar Isi:
- Tesis ini dilatar belakangi dari tinjauan peneliti terhadap realitas di lapangan yang tidak sesuai dengan tujuan serta pedoman pembelajaran matematika menurut KTSP dan UNESCO. Hal ini ditandai dengan kenyataan bahwa para guru di lapangan banyak yang menganggap kegiatan pembelajaran matematika hanya merupakan rutinitas saja. Fokus penelitian ini adalah analisis terhadap kemampuan koneksi matematis dan habits of mind siswa kelas V di salah satu SD Islam di bagian Utara kota Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian grounded theory yaitu teori dikembangkan secara induktif selama interaksi berlangsung dan melalui interaksi yang terus menerus dengan data di lapangan. Subyek penelitian ini terdiri dari 19 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas yang meliputi: penggunaan bahan referensi dan triangulasi. Hasil analisis terhadap seluruh data penelitian membuktikan bahwa siswa yang mempunyai kemampuan tinggi dengan tahapan kegiatan pembelajaran yang diberikan guru dapat memunculkan indikator kemampuan koneksi matematis dan habits of mind siswa.