EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA BELAJAR “LEMBAR PERTANYAAN TERTULIS” TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN BAHASA ARAB Studi Eksperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas X Madrasah Aliyah “Mathla’ul Huda” Bandung
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru mata pelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Mathla'ul Huda Bandung yang menyatakan bahwa masih banyak kesulitan yang dihadapi para siswa dalam peningkatan penguasaan bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning dengan media belajar "Lembar Pertanyaan Tertulis" terhadap peningkatan penguasaan bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental nonequivalent control group design yakni menggunakan dua kelas sebagai sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menyebutkan nilai nilai t-test yang digunakan adalah nilai baris Equal variances not assumed, yaitu sebesar 2,489 dengan nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) sebesar 0,016. Kemudian nilai t tabel pada tingkat kekeliruan 5% dan derajat bebas df = 58 yaitu sebesar 2,000. Karena t hitung (2,489) lebih besar dari t tabel (2,000) maka pada tingkat kekeliruan 5% diputuskan untuk menolak H0 dan menerima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning dengan media belajar "lembar pertanyaan tertulis" terhadap peningkatan penguasaan bahasa Arab lebih efektif di bandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran tersebut. This study is started from the observation conducted by researcher to the subject teachers of Arabic in class X Madrasah AliyahMathla'ul Huda Bandung which states that there are still many difficulties faced by students in an increased mastery of the Arabic language. The purpose of this study was to determine effectiveness of the model of Problem Based Learning with media of learning of "Written Question Sheet" to the increasing mastery of the Arabic language. The method is used in this study is a quasi-experimental nonequivalent control group design that uses two classes as samples of experimental class and control class. The study says the value of the t-test value is used is the value of the line Equal variances not assumed, that is equal to 2.489 with a significance value (Sig. (2-tailed)) of 0.016. Then the table t value at 5% error rate and degrees of freedom df = 58 is equal to 2.000. Because t (2.489) is greater than t table (2.000) then the error rate of 5% was decided to reject H0 and accept Ha. So it can be concluded that the problem-based learning model with learning media "Written Questions Sheet" to the increasing mastery of the Arabic language is more effective in comparison with students who do not use the learning model.