Daftar Isi:
  • Kemampuanberpikirkritissangatlahpentinguntukdimilikiolehsetiapindividu agar apa yang diyakiniataudilakukanmerupakanhasildaripertimbangan yang matang, sehinggaindividumampumenjadiproblem solver.Keterampilanbermainpentinguntukdimilikiolehsiswa, agar siswasenantiasagemarmelakukanaktifitasolahraga, terutamapadaolahragapermainan.Usiasiswa SMP yang memasukitahapoperasional formal, ialahmasaperkembangan yang sangatkrusial agar mampuberpikirketahap yang lebihkompleksdimasamendatang. Pembelajaran di sekolahharusmampumengoptimalkanfungsiotakpesertadidik. Indonesia akanmenghadapi bonus demografipadatahun 2045, sehinggasaatinipemerintahmenyempurnakankurikulum 2006 menjadikurikulum 2013 untukmenjawabtantangantersebut. Kurikulum 2013 merekomendasikanpembelajaran di sekolahuntukberpusatkepadasiswaataupengajarantidaklangsung(indirect-teaching), agar siswamampuberkembangsecaraholistik.Model pembelajaraninkuirimerupakan model pembelajaran yang menerapkanpolapembelajaranindirect-teaching yang didalamnyaketerlibatansiswapada proses pembelajaranlebihbesar. Sehinggadiharapkanmembantupencapaiankurikulum 2013.Penelitiandilaksanakan di SMP LaboratoriumPercontohan UPI.Denganmengambilpopulasikelas VII, teknik sampling yang digunakanadalahcluster random sampling. Metodepenelitian yang digunakanuntukmengungkappermasalahantersebut, menggunakanmetodeeksperimendenganmenggunakanrandomize pretest-posttest control group design. Instrument yang digunakanuntukmengukurkemampuanberpikirkritisyaitudenganteskemampuanberpikirkritis, sedangkan GPAI untukmengukurketerampilanbermain.Teknikanalisis data menggunakanuji-t danManova.Hasilpenelitiansecaraumumyaituterdapatpengaruh model pembelajaraninkuiriterhadapkemampuanberpikirkritisdanketerampilanbermainbolabasket.