Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena permasalahan remaja yang disebabkan rendahnya konsep diri. Konsep diri merupakan cara pandang seseorang meliputi pemahaman, penilaian, dan harapan-harapan terhadap dirinya baik mengenai diri fisik, psikis, maupun diri sosial. Konsep diri dapat membentuk struktur kognitif siswa untuk melakukan sesuatu baik melakukan tindakan yang positif maupun melakukan tindakan yang negatif. Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah apakah bimbingan pribadi sosial dapat meningkatkan konsep diri siswa. Tujuan penelitian ini menguji efektivitas program bimbingan dan konseling pribadi sosial efektif dalam meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian dilakukan di SMA Kartika XIX-2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent pre-test and post test control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan pengumpulan data menggunakan inventori dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan pribadi sosial efektif dalam meningkatkan konsep diri siswa pada kelas XI IPS SMA Kartika XIX-2.