KONTRIBUSI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA PEMBELAJARAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JPTS FPTK UPI
Daftar Isi:
- Penggunaan teknologi informasi seiring perkembangan zaman pertukaran informasi semakin cepat dan instan termasuk didalamnya dunia pendidikan. Kemajuan teknologi informasi idealnya berbanding lurus dengan pemanfaatannya. Hal ini dikarenakan kemudahan-kemudahan yang dapat diperoleh dari penggunaan teknologi informasi untuk pengolahan data maupun penyajian informasi yang cepat dan akurat sangat membantu untuk meningkatkan kinerja agar lebih efisien dan efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran bagaimana pemanfaatan teknologi informasi menunjukan kontribusi terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan JPTS FPTK Universitas Pendidikan Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan teknik Bangunan JPTS FPTK Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2011, 2012, dan 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah didisi 60 responden. Angket menggunakan rating scale dengan 4 alternatif pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas menggunakan sampel uji coba sebanyak 10 orang responden. Proses pengolahan data menggunakan bantuan Microsoft Excel 2010. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai determinasi sebesar 87,31% menunjukan bahwa secara umum pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja pembelajaran kontribusinya dirasakan sangat besar oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan JPTS FPTK Universitas Pendidikan Indonesia. Artinya, pemanfaatan teknologi informasi berkontribusi signifikan terhadap kinerja pembelajaran mahasiswa. Rekomendasi yang dapat diberikan dalam penelitian ini, yaitu: (1) mahasiswa hendaknya dapat memanfaatkan teknologi informasi. Didukung dengan mudahnya akses dan berkembang pesatnya teknologi informasi hendaknya dapat meningkatkan kinerja dalam belajar, (2) diharapkan Dosen dan sivitas universitas memberikan dukungan dan perhatian yang lebih. Berdasarkan penelitian, fasilitator penunjang merupakan yang paling diharapkan oleh mahasiswa setelah kemampuan individuseorang guru hendaknya memahami gaya belajar siswa yang berbeda-beda, dan (3) universitas hendaknya bisa lebih memprioritaskan pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia pendidikan karena kontrbusinya yang positif dan sangat signifikan.