Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Kuliah Instrumen Pilihan Wajib (flute) di Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI. Hal yang diungkap dan dideskripsikan dalam penelitian ini adalah konsep, proses dan hasil pelaksanaan Metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, studi literatur dan studi dokumentasi. Konsep pembelajaran menggambarkan tentang komponen pembelajaran, yaitu tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran. Proses pelaksanaan menggambarkan kegiatan tutor yang dilakukan. Hasil pelaksanaan memperlihatkan perkembangan mahasiswa setelah terlibat dalam proses tutor sebaya. This research titled Learning Method Peer Tutor at the Course Instruments Mandatory Option ( flute ) in the Department of Art Education Music FPSD UPI . It is revealed and described in this research is the concept, process and results of the implementation of peer tutoring learning method . This research used descriptive analysis with a qualitative approach. Data collection techniques do is interview, observation, literature and documentation. The concept of learning describes learning components, ie learning objectives and learning materials. Describe the process of implementation of activities undertaken tutor. The results of implementation show student progress after being involved in the process of peer tutoring.