Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Motivasi dan hasil belajar di sekolah dasar sangat penting dilakukan, khususnya dalam pembelajaran IPS. Dengan motivasi dapat menunjang hasil belajar siswa dengan materi sumber daya alam. Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penggunaan metode Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Gebangmekar dan SDN 3 Gebangmekar kabupaten Cirebon. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan ganda dan angket untuk menguji motivasi dan hasil belajar siswa yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Perlakuan yang diberikan kepada kelas eskperimen adalah metode Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif secara statistik melalui uji perbedaan rerata dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang menggunakan metode Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar walaupaun tidak signifikan yang dapat terlihat dari perbedaan rerata kelas eksperimen yang menggunakan metode PBL dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran secara konvensional. Sedangkan, untuk hasil belajar metode PBL berpengaruh secara signifikan yang dapat terlihat dari perbedaan rerata kelas eksperimen yang menggunakan metode PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Saran dalam penelitian ini bahwa metode PBL dapat dipraktekkan oleh guru IPS sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dengan fungsi memberikan kepercayaan kepada siswa untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang mereka hadapi dan selanjutnya penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk meneliti pada aspek lain tidak hanya motivasi dan hasil belajar saja gang pada gilirannya dapat melahirkan siswa yang kreatif, dan berkualitas.