Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman matematis siswa pada sifat-sifat bangun ruang sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Matematika Realistik karena dengan menggunakan pendekatan matematika realistik ini kamampuan pemahaman matematis siswa dapat dicapai. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini, peneliti menggunakan desain PTK model Kemmis dan Mc. Taggart dari Kemmis dan Taggart adalah model spiral yang terdiri dari perencanaan (plan), kemudian pelaksanaan (act), dan pengamatan (observasi) kemudian dilakukan refleksi. Data yang diperoleh dari tes evaluasi yang sudah dinilai. Dari tiga siklus diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus pertama nilai rata-rata 52,32, pada siklus kedua rata-rata nilainya adalah 61,23, dan pada siklus ketiga nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67. Seiring dengan peningkatan hasil belajar, partisipasi, dan motivasi selama tiga siklus berturut-turut juga mengalami peningkatan. Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Matematis, Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Classroom Action Research is motivated by the lack of students' mathematical understanding on the properties of simple geometry. The research was conducted in the fourth grade at SDN 1 Cibodas District Lembang Bandung Regency West. Learning approach used in this study is Realistic Mathematics approach because by using this realistic mathematical approach kamampuan students' mathematical understanding can be achieved. In a class action (PTK), the researchers used a model TOD design Kemmis and Mc. Kemmis and Taggart of Taggart is a spiral model of planning (plan), then the implementation of the (act), and observation (observation) then performed reflection. Data obtained from the evaluation tests that have been assessed. Three cycles of the results are as follows: the first cycle of the average value of 52.32, the second cycle of the average value is 61.23, and the third cycle of the average value obtained was 67. Along with the improvement of learning outcomes, participation, and motivation for three consecutive cycles also increased. Keywords: Approach Realistic Mathematics, Mathematical Understanding, Build Properties Simple Space