Daftar Isi:
  • Penelitianiniberjudul ”MeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswa Tentang PokokBahasanBangunDatar Pada Tema Lingkungan MelaluiPenggunaanAlatPeragaBangunDatar”. Bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadengan menerapkan penggunaan alat peraga. Subjek yang dikenaitindakan yaitu siswakelas II yang berjumlah30 siswa padatahunpelajaran 2013/2014 di SD Islam Terpadu ADZKIA 1KecamatanCisaatKabupatenSukabumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi kemudian dibuat perencanaan perbaikan yang digunakan dalam siklus selanjutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Adapun instrumen pengumpulan data berupa tes akhir siklus dan lembar observasi.Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pelaksanaan tindakan pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru dan siswa digunakan untuk mengobservasi keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pembelajaran mengalami peningkatan.Data menunjukkan bahwa pada tindakan pembelajaran siklus I hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 72 dan pada tindakan pembelajaran siklus II terjadi peningkatan yang cukup tinggi dengan perolehan nilai rata-rata 83. Adapun rekomendasi bagi guru yang akan mengg unakan alat peraga dalam pembelajaran matematika sebaiknya alat peraga yang dipilih adalah alat peraga yang berada di lingkungan sekitar atau alat-alat belajar yang dimiliki oleh siswa dengan kata lain yang dekat dengan kehidupan siswa.