Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan bermain terhadap jumlah waktu aktif belajar (JWAB) siswa pada pembelajaran aktivitas lompat jauh di SMPN 17 Bandung.PenelitianiniterdiriduaVariabelyaituPendekatanBermain (X) danWaktuAktifBelajarSiswa (Y).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dalam bentuk explanatory survey. Teknik pengumpulan data dengan cara penyebaran angket dengan model skala likert, yang dianalisis menggunakan regresi sederhana.Populasidalampenetianinisebanyak 132 orang dan yang menjadi sempeladalah siswa kelas VII yang berjumlah 37 orang.Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis diperoleh diperoleh Fhitung sebesar 16,640 sedangkan Ftabel dengan tingkat kesalahan α = 0,05 dan dk regb/a = 1 dan dk res = n – 2 =35 sebesar 4,121, artinya Fhitung > Ftabel yaitu 16,640 > 4,121. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain berpengaruh positifdansignifikanterhadap waktu aktif belajar siswa di SMP Negeri 17 Bandung. This study aims at finding out if the effect of the approach to the amount of time played an active learning (JWAB) students in learning activities in the long jump SMP 17 Bandung. The study consisted of two variables, namely Approach Play (X) and Active Time Student (Y).The method used in this study is a survey method in the form of explanatory survey. Techniques of data collection by questionnaire with Likert scale models, which were analyzed using simple regression. The population in this study as many as 132 people and which became sempel is a class VII student who totaled 37 people. Based on calculations derived hypothesis testing of F obtained at 16,640 while the F table with an error rate of α = 0.05 and df regb / a = 1 and df res = n - 2 = 35 at 4.121, meaning of F> F is 16.640> 4.121. It can be concluded that the approach of playing a positive and significant effect on student learning active time in SMP Negeri 17 Bandung.