Daftar Isi:
  • Penelitian ini berkenaan dengan studi tentang penguasaan kompetensi pedagogik alumni mahasiswa program Dual Mode, khususnya dalam penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi diambil dari jumlah alumni tahun lulusan 2010-2013 kemudian diambil sampel sebanyak 20% dari jumlah populasi yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan chi kuadrat dan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan Bahwa Tingkat Penguasaan Kompetensi Pedagogik Alumni Program PGSD-S1 Dual Mode Berada pada Kategori Menguasai. Adapun simpulan khusus dari penelitian ini adalah 1) Tingkat penguasaan kompetensi pedagogik alumni mahasiswa program PGSD-S1 Dual Mode dalam penyusunan rencana pembelajaran berada pada kategori menguasai (77,7%), 2) Tingkat penguasaan kompetensi pedagogik alumni mahasiswa program PGSD-S1 Dual Mode dalam pelaksanaan proses pembelajaran berada pada kategori menguasai (72,2%), 3) Tingkat penguasaan kompetensi pedagogik alumni mahasiswa program PGSD-S1 Dual Mode dalam penyelenggaraan evaluasi pembelajaran berada pada kategori menguasai (71,7%). Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Alumni Mahasiswa Program Dual Mode