Daftar Isi:
  • Penelitianiniberjudul ”Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan sifat – sifat bangun datar”. Bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenerapkan pendekatan Matematika Realistik. Subjek yang dikenaitindakanyaitu siswakelas V yang berjumlah30siswapadatahunpelajaran 2013/2014 di SDN Binabudi KecamatanCipanasKabupatenCianjur.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PenelitianTindakanKelas (PTK) yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksikemudian dibuat perencanaan perbaikan yang digunakan dalam siklus selanjutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyakduasiklus. Adapun instrument pengumpulan data berupates siklus, dan lembarobservasi.Tesdigunakanuntukmengetahuihasilbelajarsiswasetelahpelaksanaantindakanpembelajaran, lembarobservasi guru/penelitiserta siswadigunakanuntukmengobservasiketerlaksanaanpembelajaran yang dilakukanolehpeneliti/guru serta siswa.Hasilpenelitianditemukanbahwahasilbelajarsiswasetelahdilakukantindakanpembelajaranmengalamipeningkatan.Datamenunjukanbahwapadatindakanpembelajaransiklus I hasilbelajarsiswa diperolehannilai rata-rata 74danpadatindakanpembelajaransiklus II terjadipeningkatan yang cukuptinggidenganperolehannilai rata-rata 80.pendekatan Matematika Realistikdalam pembelajaran mencakup limakarakteristik yaitu: 1) karakteristik Interwinment; 2) karakteristik concretizing;3) karakteristik modelling; 4) karakteristik special assigment; dan 5) karakteristik interactivity. Adapunsaranbagi guru yang akan menerapkan pendekatan Matematika Realistik, sebaiknya guru menggunakan benda kongkret ataun media yang dekat dengan siswa, serta menggunakan berbagai variasi metode supaya siswalebih mudah menangkap dan memahami materi.