MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS TENTANG OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SMILE FACE : Pada Siswa Kelas IV Di SDN 2 Cibogo Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat yang diakibatkan oleh metode mengajar guru yang cenderung membosankan dan tidak adanya media sebagai penunjang pembelajaran. Untuk itu peneliti melakukan inovasi dengan menggunakan media gambar smile face untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis & McTaggart melalui dua siklus. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berlangsung cukup signifikan selama penelitian, dibuktikan dengan ketuntasan belajar siswa pada Siklus I mencapai 69,4% dengan rata-rata 72; dan ketuntasan belajar siswa pada Siklus II mencapai 88,9% dengan rata-rata 77. Kata kunci: pemahaman matematis, media, gambar smile face This research is motivated by the lack of ability of understanding the concept of integer arithmetic operations caused by the teachers' teaching methods which tend to be boring and lack of media as supporting learning. To the researchers to innovate with smile face image using the media to enhance the students' mathematical understanding. The research method used in this study was Classroom Action Research Model Kemmis & McTaggart through two cycles. Improved understanding of mathematical operations capabilities addition and subtraction of integers lasted quite significantly during the study, evidenced by the thoroughness of students in the first cycle reaches 69.4% with an average of 72; and mastery learning students in Cycle II reached 88.9% with an average of 77. Keywords: mathematical understanding, media, smile face drawing