Strategi Everyone Is A Teacher Here Dalam Pembelajaran Diskusi Untuk Meningkatkan Kesantunan Berbahasa Siswa
Daftar Isi:
- Penelitianinidilatarbelakangiolehpermasalahankesantunanberbahasa yang terjadipadasiswakelas VIII SMP Negeri 3 Lembang.Siswamemerlukanstrategipembelajaran yang dapatmengatasipermasalahanketikamenyampaikanpendapatdenganbahasakurangsantun.Strategipembelajaran “Everyone is a Teacher Here” (ETH) dianggapmampumenjadialternatifbagi guru dalammelakukanpembelajaran di kelas. Metodepenelitian yang digunakanadalahpenelitiantindakankelasdengan 3 siklusdanempattindakantiapsiklusnyayaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Teori yang melandasipenelitianiniadalahpernyataanRahman (2008: 6) yang menjelaskanbahwastrategiEveryone is a Teacher Heremerupakanstrategi yang memberikankesempatanpadasetiappesertadidikuntukbertindaksebagaiseorangpengajarterhadappesertadidik lain. Data penelitian yang digunakanberupaobservasi, wawancara, Tindak PTK setiapsiklus,,aktivitas guru, aktivitassiswa, catatanlapangan, teskemampuansiswakelas VIII SMP N 3 Lembang. Hasilpenelitianadalahstrategi ETH dalampembelajarandiskusidapatmeningkatkankesantunanberbahasasiswakelas VIII SMP N 3 Lembang. Kata Kunci : StrategiEveryone is a Teacher Here, PenelitianTindakanKelas, Diskusi, danKesantunanBerbahasa.