PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRITERHADAP HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET DI SMPN 40 BANDUNG
Daftar Isi:
- Dewasaini model pembelajarankonvensional(teaching center) sudahtidaklagimenjadiacuan yang harusdigunakan guru untukmengajardalam model pembelajaran.Penerapan model pembelajaran yang baikakanmenjadikansuatu proses pembelajaran yang efektif. Sejatinya model pembelajaraninkuirisangatcocokuntukditerapkandalam proses pembelajaranpenjasdikarenakansituasi yang kritismendukung model pembelajaranini. Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilpembelajaranlayup shoot siswapadasaatpembelajaranpermainanbola basket,halinidikarenakan guru pendidikanjasmanimasihkurangtepatdalammenerapkanmetodepembelajaran. Dan penelitianini pula dimaksudkanuntukmengetahui model pembelajaraninkuiriterhadaphasilbelajarlay up shootdalampermainan bola basket. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahsiswadansiswikelas IX di SMPN 40 Bandung.Sampeldalampenelitianinidiambilsecaraacakmenggunakanteknikrandom samplingsebanyak 60 siswadansiswi yang dibagikedalamduakelompok (eksperimendankontrol).Desainpenelitian yang digunakanadalahPretest-posttest control group design, denganinstrumenpenelitiantesketerampilan. Analisisstatistik yang digunakanadalahanalisisuji t dengankesamaandua rata-rata satupihak.Hasilpenelitiandiperolehbahwa t hitung6.580lebihbesardari t1- α (2.002).Kriteriapengujianadalahtolak Ho jika t > t1 – α padatarafnyata α = 0,05dengan (dk) = 58. Dalamhalini t hitungberadapadadaerahpenolakan Ho, jadi Ho ditolakdan H1diterima yang artinya model pembelajaraninkuirimemberikanpengaruh yang signifikanterhadaphasillayup shootdalampermainan bola basket.Saran berkaitandenganpenelitian yang penulislakukan, sebaiknyadiadakanpenelitianlebihlanjutterkait model-model pembelajaran yang mendorongsiswauntuklebihmeningkatkanhasilbelajardanmencapaitujuanpendidikan yang diharapkan.