Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat asesmen kompetensi praktikum kimia analitik dasar berbasis task with student direction (TWSD) yang dapat digunakan untuk mengukur kompetensi kognitif praktikum dan kompetensi kinerja praktikum. Penelitian dilakukan menggunakan desain research and development digunakan dengan empat tahapan yaitu : (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan dan pengembangan, (3) validasi, (4) implementasi perangkat asesmen. Penelitian dilaksanakan di suatu LPTK di Medan dengan melibatkan 70 calon guru dalam uji coba instrumen pilihan ganda dan 34 calon guru dalam uji coba rubrik dan 36 calon guru pada implementasi. Instrumen asesmen yang dikembangkan berupa asesmen pilihan ganda (multiple choice) untuk mengukur kompetensi aspek kognitif tentang praktikum analisis gravimetri dan analisis volumetri. Selain itu dikembangkan rubrik kinerja praktikum, untuk mengukur kompetensi mahasiswa dalam merencanakan praktikum, melakukan praktikum, dan melaporkan praktikum. Pengembangan perangkat asesmen melalui analisis kebutuhan, perumusan draf, serta revisi berdasarkan saran dan pertimbangan dari pakar dan mahasiswa. Uji validasi muka dan validasi isi, tingkat kesukaran, daya beda, distraktor, dan reliabilitas diperoleh instrumen asesmen pilihan ganda yang memenuhi syarat yang dapat digunakan untuk mengukur kompetensi aspek kognitif praktikum dan rubrik untuk mengukur kompetensi kinerja praktikum. Hasil implementasi perangkat asesmen menunjukkan bahwa asesmen pilihan ganda dapat mengukur kompetensi aspek kognitif praktikum, dan menunjukkan peningkatan kompetensi kognitif melalui kegiatan praktikum berbasis TWSD. Rubrik dapat mengukur kompetensi mahasiswa dalam merencanakan praktikum, melakukan praktikum, melaporkan praktikum, dan menunjukkan peningkatan kompetensi tersebut melalui kegiatan praktikum berbasis TWSD. Kompetensi aspek kognitif praktikum mempengaruhi kompetensi melakukan praktikum sebesar 56,8 %.