KEEFEKTIFAN TEKNIK MIND MAPPING BERORIENTASI MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI: Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas X SMAN 2 Cimahi Tahun Ajaran 2013/2014
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “KEEFEKTIFAN TEKNIK MIND MAPPING BERORIENTASI MEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI (Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas X SMAN 2 Cimahi Tahun Ajaran 2013/2014) ”. Penelitian ini diawali dengan permasalahan: (1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi sebelum mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media karikatur? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media karikatur? (3) Apakah pembelajaran dengan menggunakan media karikatur efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi? Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi. Hal ini dilakukan karena subjek dalam penelitian ini adalah manusia. Di mana variabel-variabel ekstra sulit sekali untuk dikontrol. Sehingga hanya variabel bebas dan terikat yang peneliti perhatikan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ternyata data menunjukkan bahwa kelas eksperimen yaitu kelas yang mendapat perlakuan media karikatur memiliki hasil menulis teks eksposisi yang lebih baik daripada kelas pembanding, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis eksposisi yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media karikatur dengan metode pembelajaran lain yang diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.