PENGGUNAAN MEDIA VIDEO IKLAN BERBAHASA PERANCIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF
Daftar Isi:
- Bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa asing yang digunakan oleh sebagian masyarakat dunia untuk berkomunikasi. Dalam pembelajaran bahasa, menulis merupakan sebuah kompetensi berbahasa yang relatif sulit, terutama dalam menemukan ide atau gagasan yang harus dikembangkan. Kemampuan menulis harus ditunjang oleh penguasaan kosakata yang memadai, dan juga daya imajinasi yang tinggi. Faktor inilah yang menghambat pembelajaran menulis bahasa asing khususnya pembelajaran menulis bahasa Perancis. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dengan menggunakan media video iklan berbahasa Perancis sebagai media pembelajaran mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam menulis bahasa Perancis khususnya menulis paragraf persuasif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimenta dengan desain the one shot case study. Analisis data merujuk pada panduan CECRL yang mengklasifikasikan acuan penialian B1 berdasarkan empat keterampilan berbahasa Perancis, dan juga pemberian angket kepada mahasiswa.Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media video iklan berbahasa Perancis dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Perancis sudah baik.Hasil tes dan angket menunjukkan bahwa mahasiswa merasa lebih percaya diri dan lebih mudah menulis bahasa Perancis. Berdasarkan perhitungan hasil tes, diperoleh nilai rata - rata 21,5 atau 86%, yang jika dikonversikan terhadap tabel penentuan patokan dengan perhitungan presentase untuk skala sepuluh didapatkan nilai 9 atau dapat dikatakan sangat baik Kata Kunci : Media Pembelajaran, video iklan berbahasa Perancis, keterampilan menulis bahasa Perancis. French is one of many foreign languages which is commonly used widely by people around the world to communicate. In language learning, writing is a one of the most difficult skills to be mastered, especially in finding ideas to be developed. An adequate vocabulary knowledge and high imagination are needed to support the writing skill. Those factors become the obstacle in learning writing skill, especially writing skill in French. Researcher is interested in conducting a study using French advertising video as the helping media for students to learn French. The aim of the study is to make the students feel easier when learning writing skill, especially in writing persuasive paragraphs. Pre-experimental research design with one shot case study was employed as theoretical framework for this study. CECRL analysis guide is used to classifying B1 score rating based on four language skills. Questionnaires were given to the students and during the observation, the French advertising video media were played. The result show that the use of the video in learning writing French has resulted in good result. The result indicates that the students feel more confident and feel it easier to write persuasive paragraphs. Based on the test result, the researcher obtained the value of average at 21.5 or 86%, which mean that if it was converted to the benchmark tables with the percentage calculation with the scale of ten, the value is 9 out of 10 which show that the result is very good. Keywords: Learning Media, French advertising video, writing skill.