UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR: Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Kelas B PAUD AL-HAKIM Jl. Terusan Buah Batu Gg. Kujang Sari No. 1 Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul: “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Taman Kanak-kanak Melalui Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerita Bergambar”. Kreativitas anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas adalah melalui penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelas B PAUD AL-HAKIM, semester II tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah anak didik kelas B PAUD AL-HAKIM adalah 12 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kreativitas anak melalui penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar, yakni dari siklus I anak pada kategori (B) yaitu sebesar 17%, anak pada kategori (C) 40%, dan anak pada kategori (K) sebesar 41%. Pada siklus II anak pada kategori (B) yaitu sebesar 28%, anak pada kategori (C) sebesar 54%, dan anak pada kategori (K) sebesar 16%. Selanjutnya pada siklus III anak pada kategori (B) sebesar 41%, anak pada kategori (C) sebesar 52%, dan anak pada kategori (K) sebesar 6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kreativitas anak. Kata Kunci: Kreativitas anak taman kanak-kanak, metode bercerita, buku cerita bergambar