PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN ILMU STATIKA DAN TEGANGAN (MIST) KELAS X TGB DI SMK NEGERI 1 SUKABUMI
Daftar Isi:
- Penelitian model pembelajaran yang dilakukan di SMK Negeri 1 Sukabumiterhadapsiswakelas X TGB inidilatarbelakangiolehsulitnyasiswadalammemahamidanmenyelesaikantugaspadamatapelajaranmenerapkanilmustatikadantegangan. Penulismenggunakansalahsatujenismetodepenelitianyaitudenganmetodeeksperimendalammelakukankajianini.SehinggapenelitianiniterfokuspadaperbandinganpeningkatannilaisiswaterhadapmatapelajaranMenerapkanIlmuStatikadanTegangandengan model pembelajaranCooperative LearningtipeStudent Team Achievement Divisions (STAD)ataupundengan model pembelajaranKonvensional.Penelitianinidilakukandenganpenerapandua model pembelajaran yang berbedapadasatukelas yang dibagimenjadiduakelas yang berbeda.Diawalidengantesawal, kemudianditerapkan model pembelajaranberbeda, dandiakhiridengantesakhir.Berdasarkanhasilpenelitianpadakelaseksperimenterbuktibahwapenerapan model pembelajaranCooperative LearningtipeStudent Team Achievement Divisions (STAD)mampumelakukanpeningkatannilairata-rata kelassebesar 16,4%, darinilai rata-rata awal 7,76 menjadi 9,57. Berbedadengankelaskontrol, denganmenerapkan model pembelajaranKonvensionalnilai rata-rata kelasmengalamipeningkatan yang tidakterlalubesar, yaitunilai rata-rataawal 6,83menjadi 7,97. Peningkatannilairata-rata tersebutmembuktikanadanyapeningkatannilaihasilbelajaratauprestasisiswapadamatapelajaranMenerapkanIlmuStatikadanTegangan (MIST) denganmenerapkanmodel pembelajaranCooperative LearningtipeStudent Team Achievement Divisions (STAD).Kata kunci : model pembelajaranCooperative LearningtipeStudent Team Achievement Divisions (STAD), penelitianeksperimen.