Daftar Isi:
  • Latar belakang penulisan tesis ini melalui pengkajian teori-teori penjaminan mutu pendidikan khususnya kepemimpinan pendidikan sebagai input pendidikan dan hasil belajar siswa sebagai output pendidikan yang dikaitkan dengan gejala-gejala sosial kependidikan yang berlangsung di sekolah pada tingkat SMP/MTs di Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) gambaran umum tentang kompetensi manajerial kepala sekolah, iklim pembelajaran dan hasil belajar siswa SMP/MTs di Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Tenggara, (2) pengaruh penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap iklim pembelajaran dan dampaknya secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian dilakukan secara kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah kepala sekolah – kepala sekolah dan guru-guru SMP/MTs di Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Tenggara. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran kuisoner sebagai instrumen penelitian. Deskripsi hasil penelitian disajikan dengan metode statistik deskriptif beserta pengujian hipotesis melalui teknik regresi sederhana dan analisa jalur (Path Analisys). Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa: (1) kompetensi manajerial kepala sekolah, iklim pembelajaran dan hasil belajar siswa di Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Tenggara menunjukan kualitas yang tinggi; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi manajerial kepala sekolah pada hasil belajar siswa melalui iklim pembelajaran tingkat SMP/MTs di Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Tenggara