Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran berbasis praktikum pada konsep insecta. Penelitian ini merupakan penelitian Weak Experiment dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 20 Bandung, sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa 31 orang pada semester genap tahun ajaran 2011-2012. Hasil analisis data penelitian menunujukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis praktikum dapatmeningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa. Peningkatan keterampilan proses sains siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan N-gain yaitusebesar 0,35 sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Peningkatan penguasaan konsep siswa juga dapat dilihat dari N-gain yaitu sebesar 0,37 sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Korelasi antara keterampilan proses sains dengan penguasaan konsep sebesar0,541 termasuk kategori cukup. Dari hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran berbasis praktikum dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa pada konsep insecta serta terdapat korelasi positif antara keterampilan proses sains dengan penguasaan konsep siswa. Kata kunci : Pembelajaran berbasis praktikum, keterampilan proses sains dan penguasaan konsep