ctrlnum 10726
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/10726/</relation><title>PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF MATEMATIK SISWA SMP : Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII di Salah Satu SMP Negeri di Kota Bandung</title><creator>Hanun, Halida</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran induktif matematik siswa SMP. Sedangkan kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran induktif matematik siswa dengan menerapkan model Reciprocal Teaching. Penelitian yang dilakukan merupakan kuasi eksperimen dengan desain kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 sebagai kelas ekperimen yang akan diberikan pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching dan VIII 3 sebagai kelas kontrol yang akan diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pretes dan postes kemampuan penalaran induktif matematik, dan instrument non-tes berupa angket sikap siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran induktif matematik siswa yang mendapat pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Sementara itu, hasil pengolahan instrumen non-tes menunjukkan bahwa pada umumnya siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Reciprocal Teaching</description><date>2012-10-25</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10726/1/s_mat_081292_table_of_content%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10726/2/s_mat_081292_chapter1%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10726/3/s_mat_081292_chapter2%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10726/4/s_mat_081292_chapter3%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10726/5/s_mat_081292_chapter4%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10726/6/s_mat_081292_chapter5%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10726/7/s_mat_081292_bibliography%281%29.pdf</identifier><identifier> Hanun, Halida (2012) PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF MATEMATIK SISWA SMP : Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII di Salah Satu SMP Negeri di Kota Bandung. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><relation>http://repository.upi.edu</relation><recordID>10726</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hanun, Halida
title PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF MATEMATIK SISWA SMP : Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII di Salah Satu SMP Negeri di Kota Bandung
title_sub Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII di Salah Satu SMP Negeri di Kota Bandung
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://repository.upi.edu/10726/1/s_mat_081292_table_of_content%281%29.pdf
http://repository.upi.edu/10726/2/s_mat_081292_chapter1%281%29.pdf
http://repository.upi.edu/10726/3/s_mat_081292_chapter2%281%29.pdf
http://repository.upi.edu/10726/4/s_mat_081292_chapter3%281%29.pdf
http://repository.upi.edu/10726/5/s_mat_081292_chapter4%281%29.pdf
http://repository.upi.edu/10726/6/s_mat_081292_chapter5%281%29.pdf
http://repository.upi.edu/10726/7/s_mat_081292_bibliography%281%29.pdf
http://repository.upi.edu/10726/
http://repository.upi.edu
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran induktif matematik siswa SMP. Sedangkan kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran induktif matematik siswa dengan menerapkan model Reciprocal Teaching. Penelitian yang dilakukan merupakan kuasi eksperimen dengan desain kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 sebagai kelas ekperimen yang akan diberikan pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching dan VIII 3 sebagai kelas kontrol yang akan diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pretes dan postes kemampuan penalaran induktif matematik, dan instrument non-tes berupa angket sikap siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran induktif matematik siswa yang mendapat pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Sementara itu, hasil pengolahan instrumen non-tes menunjukkan bahwa pada umumnya siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Reciprocal Teaching
id IOS14013.10726
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:26:36Z
last_indexed 2020-06-22T08:26:36Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765979705578618880
score 17.538404