PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF CBI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK LEVEL NOVICE (KELAS X) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KABUPATEN SINTANG

Main Author: Victoria, Maria
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.upi.edu/10646/1/t_pk_0808852_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/10646/2/t_pk_0808852_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/10646/3/t_pk_0808852_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/10646/4/t_pk_0808852_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/10646/5/t_pk_0808852_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/10646/6/t_pk_0808852_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/10646/
http://repository.upi.edu/
Daftar Isi:
  • enelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sintang. Hal itu karena interaksi guru dan peserta didik kurang memanfaatkan media pembelajaran. Untuk itulah penelitian ini dilaksanakan.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model media pembelajaran berbentuk CD interaktif CBI untuk peserta didik level novice (kelas X) pada Sekolah Menengah Kejuruan. Untuk mencapai tujuan itu peneliti menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) Borg and Gall. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah (1) menggambarkan kondisi pembelajaran Bahasa Inggris yang sedang berlangsung di SMK (2) mengembangkan model media CD interaktif CBI, (3) menemukan pengaruh penggunaan media CD interaktif CBI terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan masih menggunakan model pembelajaran konservatif dengan pola interaksi guru-peserta didik, (2) model yang dihasilkan berupa model media pembelajaran berbentuk CD Interaktif berdurasi 70 menit yang berisi tentang pembelajaran keempat keterampilan berbahasa terintegrasi dalam pembelajaran Listening dan Writing, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes pada tahap uji coba luas. Dengan demikian, hasil penelitian ini merekomendasikan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Agar bisa digunakan secara lebih luas maka produk pengembangan perlu didesiminasikan. Daftar Isi t_pk_0808852_table_of_content.pdf