ctrlnum 10325
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/10325/</relation><title>ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD</title><creator>Maulana, -</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini berfokus pada upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan metakognitif. Penelitian ini dilaksanakan atas dasar pentingnya kemampuan berpikir kritis untuk dimiliki mahasiswa, namun kenyataan di lapangan masih menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis ini masih tergolong rendah. Penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD UPI Kampus Sumedang Provinsi Jawa Barat sebagai kelompok eksperimen, dan mahasiswa PGSD UPI Kampus Serang Provinsi Banten sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen, mahasiswa mendapatkan pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif, sedangkan pada kelompok kontrol, mahasiswa mendapatkan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis, angket skala sikap mahasiswa,pedoman wawancara,lembar observasi,jurnal,dan daftar isian untuk dosen. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil tes untuk melihat perbedaan rerata antara dua kelompok sampel. Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menelaah aktivitas pembelajaran, sikap mahasiswa dan pandangan dosen terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan metakognitif lebih baik daripada mahasiswa yang belajar secara konvensional; (2) Pendekatan metakognitif memiliki efektivitas yang sama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa sub kelompok tinggi, sedang, dan rendah pada kelompok eksperimen; (3) Sikap mahasiswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif adalah positif; (4) Tanggapan dosen terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif adalah positif.</description><date>2006-11-16</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10325/1/t_mtk_049507_table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10325/2/t_mtk_049507_chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10325/3/t_mtk_049507_chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10325/4/t_mtk_049507_chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10325/5/t_mtk_049507_chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10325/6/t_mtk_049507_chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/10325/7/t_mtk_049507_bibliography.pdf</identifier><identifier> Maulana, - (2006) ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><relation>http://repository.upi.edu</relation><recordID>10325</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Maulana, -
title ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD
publishDate 2006
topic L Education (General)
url http://repository.upi.edu/10325/1/t_mtk_049507_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/10325/2/t_mtk_049507_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/10325/3/t_mtk_049507_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/10325/4/t_mtk_049507_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/10325/5/t_mtk_049507_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/10325/6/t_mtk_049507_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/10325/7/t_mtk_049507_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/10325/
http://repository.upi.edu
contents Penelitian ini berfokus pada upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan metakognitif. Penelitian ini dilaksanakan atas dasar pentingnya kemampuan berpikir kritis untuk dimiliki mahasiswa, namun kenyataan di lapangan masih menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis ini masih tergolong rendah. Penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD UPI Kampus Sumedang Provinsi Jawa Barat sebagai kelompok eksperimen, dan mahasiswa PGSD UPI Kampus Serang Provinsi Banten sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen, mahasiswa mendapatkan pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif, sedangkan pada kelompok kontrol, mahasiswa mendapatkan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis, angket skala sikap mahasiswa,pedoman wawancara,lembar observasi,jurnal,dan daftar isian untuk dosen. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil tes untuk melihat perbedaan rerata antara dua kelompok sampel. Sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menelaah aktivitas pembelajaran, sikap mahasiswa dan pandangan dosen terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan metakognitif lebih baik daripada mahasiswa yang belajar secara konvensional; (2) Pendekatan metakognitif memiliki efektivitas yang sama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa sub kelompok tinggi, sedang, dan rendah pada kelompok eksperimen; (3) Sikap mahasiswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif adalah positif; (4) Tanggapan dosen terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif adalah positif.
id IOS14013.10325
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:26:27Z
last_indexed 2020-06-22T08:26:27Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765979698566791168
score 17.538404