PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTS DENGAN MENGGUNAKAN VIRTUAL MANIPULATIVE DALAM CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain Kelompok Kontrol Non-Ekivalen, yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan (minimal 2 berbeda) peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran Virtual Manipulative dalam Contextual Teaching and Learning (VM-CTL), siswa yang mendapat pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (Kontrol). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs se-Kota Cimahi. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. yaitu dengan memilih siswa kelas VII berdasarkan pertimbangan tertentu sebanyak tiga kelas dengan pembelajaran berbeda. Penelitian ini terdiri dari dua kelas eksperimen, yaitu kelompok pembelajaran yang menggunakan Virtual Manipulative dalam Contextual Teaching and Learning (VM-CTL) dan kelompok pembelajaran yang menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) serta satu kelas pembelajaran konvensional (kontrol). Hasil penelitian ini adalah (1) kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan Virtual Manipulative dalam Contextual Teaching and Learning (VM-CTL) dan siswa yang mendapat pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berkategori sedang dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (Kontrol) berkategori rendah. (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan Virtual Manipulative dalam Contextual Teaching and Learning (VM-CTL), siswa yang mendapat pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (Kontrol).