Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad dan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, ditinjau dari a) keseluruhan b) kemampuan awal siswa (atas, sedang, dan rendah). Penelitian dilakukan dalam bentuk kuasi eksperimen dengan menelaah dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design, dengan subjek sampel sebanyak 90 siswa pada SMP Negeri Kota Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes matematik yang berisi soal-soal matematika untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematik siswa pada pokok bahasan segitiga, angket sikap siswa dengan model skala Likert untuk melihat sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah: (a) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad dan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, (b) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik antara siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad dan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, ditinjau dari kemampuan awal siswa (atas, sedang, dan rendah), (c) siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad yang diberlakukan pada mereka, (d) siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad tampak lebih aktif dan memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar matematika. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif berbantuan program Geometer’s Sketchpad baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik.