Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas kemampuan pemahaman matematik dan pemecahan masalah matematik mahasiswa yang pembelajarannya melalui pendekatan inkuiri dengan konvensional, mengetahui kualitas peningkatan kemampuan pemahaman matematik dan pemecahan masalah matematik mahasiswa yang diberi pembelajaran dengan inkuiri, mengetahui hubungan antara pemahaman matematik dengan pemecahan masalah matematik mahasiswa baik dengan pendekatan inkuiri maupun pembelajaran konvensional dan mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan inkuiri yang dilakukan. Desain penelitian ini adalah desain eksperimen yang dinamakan desain kelompok kontrol pretes-postes. Dalam penelitian ini, kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman matematik dan pemecahan masalah matematik dan skala pendapat siswa terhadap pembelajaran. Penelitian dilakukan pada mahasiswa salah satu politeknik negeri yang ada di Bandung, Jawa Barat dengan sampel adalah mahasiswa semester I sebanyak dua kelas dari 12 kelas yang ada dipilih dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data hasil tes awal dan tes akhir untuk melihat perbedaan rerata gain score ternormalisasi antar kelompok sampel. Berdasarkan analisis data, diperoleh 1) kemampuan pemahaman matematik dan pemecahan masalah matematik mahasiswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri lebih baik daripada mahasiswa dengan pembelajarn konvensional, 2) pendapat mahasiswa terhadap pembelajaran inkuiri memperlihatkan tanggapan cukup positif. 3) terdapat asosiasi antara: kemampuan pemahaman dengan kemampuan pemecahan masalah matematik.4) mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap matakuliah matematika bisnis dengan pembelajaran inkuiri.