Daftar Isi:
  • Permasalahan pendidikan saat sekarang ini masih menjadi polemik dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia di tingkat dasar dan menengah, hal ini dapat dilihat dari rendahnya mutu pendidikan saat ini. Tujuan persekolahan adalah menjamin kompetensi minimal dalam keterampilan dan pemahaman yang telah ditentukan bagi semua anak. Oleh karena itu, sekolah harus memiliki kinerja yang dapat menunjukan keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan secara keseluruhan. Kinerja sekolah ditentukan oleh kinerja semua elemen sekolah. Keberhasilan sekolah tidak ditentukan oleh kinerja kepala sekolah saja, melainkan oleh sinergi yang dibangun dari semua elemen sekolah. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah seberapa besar kontribusi perilaku manajerial kepala sekolah dan kinerja komite sekolah terhadap kinerja sekolah. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran nyata tentang: (1) perilaku manajerial kepala sekolah; (2) kinerja komite sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja sekolah; (3) besarnya kontribusi perilaku manajerial kepala sekolah dan kinerja komite sekolah terhadap kinerja sekolah pada SMP Negeri di Wilayah Komisariat 7 Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru pada SMP Negeri di Kabupaten Ciamis sebanyak 285 orang dengan sampel 74 responden yang diambil dari sepuluh sekolah SMP Negeri yang ada di Wilayah Komisariat 7 Kabupaten Ciamis. Adapun data dijaring melalui instrumen berupa kuesioner penelitian yang dibagikan secara acak kepada responden sebagai sampel penelitian. Diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) perilaku manajerial kepala sekolah berkorelasi dengan r sebesar 0,637 dengan tingkat hubungan “Kuat”, dan memberikan kontribusi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 40,6% ; (2) kinerja komite sekolah berkorelasi dengan r sebesar 0,635 dengan tingkat hubungan "kuat", dan memberikan kontribusi dengan nilai koefisien determinasi sebesar 40,3% ; (3) perilaku manajerial kepala sekolah dan kinerja komite sekolah berkorelasi dengan r sebesar 0,639 yang menunjukkan tingkat hubungan "kuat". Bentuk hubungan antara ketiga variabel digambarkan dengan persamaan regresi %4; = 62,922 + 0,055X_1 + 0,404X_2.