PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BINA KELUARGA BALITA (BKB) : Studi Kasus Pada Kelompok BKB Nuri RT 03 / RW 01 Desa Hegarmanah Kecamatan Bayongbong Garut
Daftar Isi:
- Pendidikananakusiadinimerupakanhal yang esensial. Secaramedis-neurologis, PAUD sangatberpengaruhterhadappertumbuhanstrukturdanfungsiotakanaksehinggadapatmemberikanpengaruh yang menetapterhadapperkembanganperilakudankepribadiananakselanjutnya.Secarapsiko-edukatifmasausiadinijugadipandangsebagaimasakritisbagiperkembanganintelektual, kepribadian, danperilakusosialsehinggarangsangan-rangsanganpadasaatitumempunyaidampak yang” membekas” terhadapdiriseseorang. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui proses pendidikanpadakelompokBinaKeluargaBalita yang difokuskanpadapelaksanaanpembelajaranpadaPos PAUD Nuri, dimulaidaribagaimanacarapendidikmembuatperencanaan, melaksanakan proses pembelajaran, danbagaimanapendidikmelaksanakanevaluasi, sertamasalahdansolusiapa yang dihadapipendidikdalammelaksanakantugasnya. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahstudidokumentasi, observasi, danwawancara.. Temuanhasilpenelitiansebagaiberikut: pelaksanaanpembelajarananakusiadini di BKB Nuritelahberjalanselamakuranglebihempattahun, kaderbelummembuatperencanaanpembelajaransebagaimanamestinya..Pelaksanaanpembelajaranbelummengacusepenuhnyapadapendekatanpembelajarananakusiadiniyaitubermainsambilbelajar, Evaluasipembelajaranbelummemenuhistandar, penilaiandiberikandalambentukangkadanhuruf, masalah yang dihadapipendidikterkaitdengandana, saranadanprasarana, sertakeilmuan yang dimilikiparakader, untukmengatasimasalahtersebutparakadermengupayakanbantuandaripihakpengelola, orangtua, danbantuanpemerintah, untukmenambahpengetahuandanketerampilankadermengikuti seminar, pelatihan, workshop, sertabergabungdenganorganisasiHimpaudiKecamatan. Berdasarkantemuanpenelitian, direkomendasikanhal-halsebagaiberikut: (1) Para pendidikhendaknyamembuatperencanaan yang terorganisirmulaidarimemilihdanmengembangkantema, menuangkan menu pembelajarankedalamrencanapembelajaran (2) pelaksanaanpembelajaranhendaknyamengacusepenuhnyapada menu pembelajarandenganmenggunakanmetodebelajarsambilbermain, (3) evaluasipembelajaranhendaknyamengacupadaaspek-aspekperkembangandenganmenggunakanprinsip-prinsipevaluasi, danmenggunakanalatevaluasi yang tepat, (4) untukkeberhasilanpendidikananakusiadini di BKB Nuridiperlukanperhatian yang seriusdaripihakpengelola, terutamamenyangkutpendanaanuntukkelengkapanadministrasi, kesejahteraanparapendidik.