PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF
Main Authors: | Dedi Armana, I Wayan, Lasmawan, I Wayan, Sriartha, I Putu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/3380 https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/3380/1733 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa secara parsial dan simultan.Jenis penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan desain Posttest Online Noequivalent Control Group Desain. Populasi yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel menggunakan random sampling diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif serta dianalisis secara deskriptif menggunakan analisis Manova yang didahului uji hipotesis, meliputi Uji normalitas data menggunakan statistic Kolmogorov-Smirnov. Uji homogenitas varian menggunakan statistic Levene. Uji homogenitas matriks varians-kovarian uji Box’M serta uji kolinieritas antar variabel terikat menggunakan korelasi product moment. Semua pengujian dilakukan pada taraf signifikasi 5% dengan bantuan program komputer SPSS 22 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan Pertama terdapat perbedaan yang signifikan variabel keterampilan berpikir kritis antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (DI) (F= 9,566; 0,003<0,05) dan batas penolakan LSD sebesar 5,84 dengan ∆m sebesar 2,85 di mana harga mutlak |mi - mj| > LSD. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan variabel keterampilan berbikir kreatif antar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (DI) (F= 31,523; 0,000<0,05) dan batas penolakan LSD sebesar 9,27 dengan ∆m Sebesar 4,15 di mana harga mutlak |mi - mj| > LSD. Ketiga terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif (F= 19,292; 0,000<0,05). Hal ini menunjukkan Kelompok siswa yang belajar dengan Problem Based Learning memiliki keterampilan berpikir kritis danberpikir kreatif yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensionalKata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif; Problem Based Learning