PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PPKn
Main Authors: | Diah Kristayani, Ni Made, Kertih, I Wayan, Sriartha, I Putu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pendidikan Ganesha
, 2020
|
Online Access: |
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/3379 https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/3379/1732 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) secara simultan perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn antara siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran Konvensional. (2) Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dibandingkan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Konvensional, serta (3) hasil belajar PPKn siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian termasuk quasi experiment dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 320 orang, yang terbagi atas 10 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian berupa skor keterampilan berpikir kritis dan skor hasil belajar PPKn, yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes. Untuk hipotesis I data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji MANOVA, sedangkan untuk hipotesis II dan hipotesis II, data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh, bahwa (1) secara simultan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn antara siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (2) keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (3) hasil belajar PPKn siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci: Berpikir Kritis; Hasil Belajar; SPPKB