PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN PKn Di SMP NEGERI 2 KUTA UTARA

Main Authors: Prihatin, Sri, Sukadi, Sukadi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2020
Online Access: http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/3232
http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/3232/1678
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pemahaman konsep dan motivasi berprestasi secara simultan dalam mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan pemahaman konsep siswa dalam mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan motivasi berprestasi siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk peneltian eksperimen semu dengan rancangan analisis Post Test Only Control Group Desingn. Populasi penelitian sebanyak 533 siswa yang terbagi dalam 14 rombongan belajar, setelah uji kesetaraan kelas, dilakukan sampling dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh 152 siswa yang terbagi dalam 4 rombongan belajar yang akan digunakan sebagai sampel. Metode pengambilan data menggunakan tes pemahaman konsep dan kuesioner motivasi berprestasi. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan teknik MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan motivasi berprestasi siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Utara (nilai F sebesar 153,039 dengan signifikansi ˂ 0,05); (2) terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran secara signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Utara (nilai F sebesar 64,977 dengan signifikansi ˂ 0,05); (3) terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran secara signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa dalam pembelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta Utara (nilai F sebesar 225, 737 dengan signifikasi ˂ 0,05).