Pelatihan Antecedent-Focused & Response-Focused Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Remaja Panti Asuhan

Main Authors: Endaryani, Vera Suci, Yuniardi, Muhammad Salis, Syakarofath, Nandy Agustin
Format: Article info pretest-posttest control group design application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada , 2020
Subjects:
Online Access: https://journal.ugm.ac.id/gamajpp/article/view/55232
https://journal.ugm.ac.id/gamajpp/article/view/55232/pdf
Daftar Isi:
  • Remaja panti asuhan menunjukkan berbagai peristiwa yang tidak menyenangkan sehingga berdampak pada kondisi emosional yang dirasakan. Untuk dapat mengatasi kondisi tersebut diperlukan cara meregulasi emosi yang tepat. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah pelatihan antecedent-focused & response-focused. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja panti asuhan yang berjumlah enam orang. Instrumen yang digunakan adalah skala regulasi emosi yang diadaptasi oleh Padang. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan pelatihan antecedent-focused & response-focused efektif meningkatkan regulasi emosi remaja di panti asuhan (p=0,007; p<0,05). Artinya dengan memberikan pelatihan ini dapat melatih remaja untuk dapat mengelola emosi dan respons yang dirasakan.