Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi pada Kantor Lurah Uemalingku Kecamatan Ampana Kota

Main Author: Lahada, Galib
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Ilmiah Administratie , 2020
Subjects:
Online Access: http://ojs.unsimar.ac.id/index.php/administratie/article/view/219
http://ojs.unsimar.ac.id/index.php/administratie/article/view/219/203
Daftar Isi:
  • Persepsi masyarakat adalah merupakan proses penilaian masyarakat terhadap obyek tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan administrasi pada Kantor Lurah Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pelayanan administrasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Lurah Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang di peroleh langsung dari obyek penelitian melalui wawancara langsung kepada responden sedangkan data sekunder yaitu data yang bersumber dari kantor lurah atau instansi yang berkompeten yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Data di analisis secara kuantitatif deskriptif untuk menggambarkan permasalahan penelitian serta memberikan penjelasan-penjelasan tersebut. Hasil penelitian Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi pada Kantor Kelurahan Uemalingku Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-una secara umum dapat dikatakan Cukup Baik, berdasarkan analisis beberapa indikator diantarannya yaitu kesederhanaan, kepastian waktu, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses dan disiplin. Faktor-Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pelayanan administrasi pada Kantor Kelurahan Uemalingku Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-una adalah sebagai berikut: Faktor pendukung adalah Informasi pelayanan administrasi yang memadai, kerjasama yang baik antara aparatur dengan masyarakat, penampilan dan cara berpakaian aparatur dalam memberikan pelayanan administrasi. Sedangkan Faktor penghambat adalah Keterbatasan kemampuan dan keterampilan aparatur dan Kelambatan aparatur dalam menyelesaikan urusan pelayanan. Berdasarkan kesimpulan yang telah diuraikan di atas, maka disarankan: Perlunya meningkatkan keterampilan dan kemampuan aparatur kelurahan sesuai dengan keahlian masing-masing, sehingga di dalam pengurusan pelayanan administrasi kepada masyarakat tidak bergantung pada beberapa aparatur saja, yang mengakibatkan proses pelayanan mengalami hambatan, misalnya pelatihan dalam penggunaan peralatan komputer dan cara mengoperasikannya; sebaiknya pelayanan lebih di tingkatkan lagi misalnya mengarahkan masyarakat sesuai prosedur yang berlaku dan tidak berbelit-belit, sehingga masyarakat tidak merasa rugi waktu. Perlunya meningkatkan keefesensian dan keefektifan di segala tindakan aparatur dalam menyelesaikan urusan pelayanan administrasi ke masyarakat, yang ditindaklanjuti dengan perbaikan-perbaikan agar pelayanan lebih cepat namun tetap cermat dan tepat sehingga faktor kualitas tidak terabaikan. Kemudian keramahan yang penting dari aparatur kelurahan.