Kualitas Pelayanan Aparatur Kelurahan pada Kantor Lurah Kayamanya Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso
Main Author: | Lagantondo, Herlan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Ilmiah Administratie
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.unsimar.ac.id/index.php/administratie/article/view/210 http://ojs.unsimar.ac.id/index.php/administratie/article/view/210/195 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan Aparatur Kelurahan kepada masyarakat Kelurahan Kayamanya kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Data yang digunakan adalah data primer, di peroleh dari hasil wawancara dan hasil jawaban quisioner serta data sekunder, di kumpulkan melalui hasil studi pustaka dan melalui penelusuran dokumen-dokumen resmi yang ada kaitannya dengan permasalahan penelitian. Metode dalam mengumpulkan data, adalah; Observasi, Wawancara, KuesioneR. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yaitu untuk menjawab kaitannya dengan permasalahan penelitian dengan menggunakan persentase melalui hasil yang dituangkan dalam tabel frekuensi serta memberikan penjelasan-penjelasan dari isi tabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwaKualitas Pelayanan yang diberikan Aparatur Kelurahan Kayamanya seperti; Lambatnya proses penyelesaian urusan, Aparatur kelurahan yang kurang informasi, Terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana pelayanan, Aparatur Kelurahan yang kurang memahami teknologi informasi sehingga memperlambat dalam proses pelayanan. Faktor-Faktor Penghambat Adapun faktor penghambat kualitas pelayanan aparatur Kelurahan Kayamanya yaitu : Tingkat disiplin kerja aparatur Kelurahan Kayamanya belum sepenuhnya diselengarakan dengan baik sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat belum optimal, baik dari segi disiplin waktu maupun disiplin kerja.