ANALISIS STABILITAS RANCANGAN GANESHA ELECTRIC VEHICLES 1.0 GENERASI 1 BERTRANSMISI CONTINOUS VARIABLE TRANSMISION (CVT) MENGGUNAKAN METODE QUASI STATIS

Main Authors: Sumertama, I Wayan Adi, Dantes, Kadek Rihendra, Aryanto, Kadek Yota Ernanda
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA , 2020
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTM/article/view/8045
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTM/article/view/8045/5424
ctrlnum article-8045
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">ANALISIS STABILITAS RANCANGAN GANESHA ELECTRIC VEHICLES 1.0 GENERASI 1 BERTRANSMISI CONTINOUS VARIABLE TRANSMISION (CVT) MENGGUNAKAN METODE QUASI STATIS</title><creator>Sumertama, I Wayan Adi</creator><creator>Dantes, Kadek Rihendra</creator><creator>Aryanto, Kadek Yota Ernanda</creator><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesetabilan kendaraan dengan melakukan pengamatan terhadap batas kecepatan kendaraan yang diijinkan saat berbelok dengan sudut tertentu. Parameter tersebut diukur untuk dapat mengetahui kecepatan kritis dimana kendaraan akan skid dan mengalami rolling speed. Dengan mengetahui kecepatan kritis kendaraan akan membantu pengemudi untuk mengendalikan kecepatan kendaraan pada saat berbelok pada radius belok tertentu. Hasil dari penelitian Analisis Stabilitas Belok Rancangan Kendaraan Ganesha Electric Vehicles 1.0 Generasi 1 Bertransmisi Continous Variable Transmision (CVT) Dengan Menggunakan Metode Quasi Statis Berbasis Microsoft Visual Studio Dengan Bahasa Pemrograman C# yaitu kendaraan cendrung mempunyai prilaku responsif pada saat berbelok yaitu oversteer pada saat kecepatan konstan dan terjadi skid pada kecepatan 20 km/jam dan rolling speed baru akan terjadi pada kecepatan 30 km/jam dimana; skid depan terjadi pada sudut belok depan (&#x3B1;f) = 420 dengan kecepatan skid depan (Vsf)= 10,9 km/jam,dan kendaraan mengalami rolling speed pada sudut belok depan (af)= 390 dengan kecepatan rolling speed (Vg)= 22,4 km/jam. Kata Kunci : Kata kunci : rolling speed , skid, stabilitas, sudut belok. This study aimed to determine the vehicle stability by observing the speed limit allowable vehicle when turning at an angle . These parameters were measured in order to determine critical speed where the vehicle will skid and experience rolling speed.By knowing the critical speed of the vehicle will help the driver to control the vehicle's speed at the time to turn at certain turning radius. The results of the study Stability Analysis Turn draft Vehicles Ganesha Electric Vehicles 1.0 Generation 1 transmission Continuous Variable Transmission (CVT) Method Using Quasi Static-based Microsoft Visual Studio with programming language C # that vehicle tends to have behavioral responsiveness during turns that oversteer during constant speed and skid occurs at a speed of 20 km / h and the rolling speed will occur at a speed of 30 km / h where; front skid occurred on a front turn angle (&#x3B1;f) = 420 with front skid speed (Vsf) = 10.9 km / h, and the vehicle is rolling speed at the next turn angle (af) = 390 with a speed of rolling speed (Vg) = 22 , 4 km / h. keyword : Keywords : angle of turn , rolling speed, skid,stability.</description><publisher lang="en-US">UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-08-01</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTM/article/view/8045</identifier><identifier>10.23887/jjtm.v4i1.8045</identifier><source lang="en-US">Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha; Vol 4, No 1 (2016)</source><source>2614-1884</source><source>2614-1876</source><source>10.23887/jjtm.v4i1</source><language>eng</language><relation>https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTM/article/view/8045/5424</relation><recordID>article-8045</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Sumertama, I Wayan Adi
Dantes, Kadek Rihendra
Aryanto, Kadek Yota Ernanda
title ANALISIS STABILITAS RANCANGAN GANESHA ELECTRIC VEHICLES 1.0 GENERASI 1 BERTRANSMISI CONTINOUS VARIABLE TRANSMISION (CVT) MENGGUNAKAN METODE QUASI STATIS
publisher UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
publishDate 2020
url https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTM/article/view/8045
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTM/article/view/8045/5424
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesetabilan kendaraan dengan melakukan pengamatan terhadap batas kecepatan kendaraan yang diijinkan saat berbelok dengan sudut tertentu. Parameter tersebut diukur untuk dapat mengetahui kecepatan kritis dimana kendaraan akan skid dan mengalami rolling speed. Dengan mengetahui kecepatan kritis kendaraan akan membantu pengemudi untuk mengendalikan kecepatan kendaraan pada saat berbelok pada radius belok tertentu. Hasil dari penelitian Analisis Stabilitas Belok Rancangan Kendaraan Ganesha Electric Vehicles 1.0 Generasi 1 Bertransmisi Continous Variable Transmision (CVT) Dengan Menggunakan Metode Quasi Statis Berbasis Microsoft Visual Studio Dengan Bahasa Pemrograman C# yaitu kendaraan cendrung mempunyai prilaku responsif pada saat berbelok yaitu oversteer pada saat kecepatan konstan dan terjadi skid pada kecepatan 20 km/jam dan rolling speed baru akan terjadi pada kecepatan 30 km/jam dimana; skid depan terjadi pada sudut belok depan (αf) = 420 dengan kecepatan skid depan (Vsf)= 10,9 km/jam,dan kendaraan mengalami rolling speed pada sudut belok depan (af)= 390 dengan kecepatan rolling speed (Vg)= 22,4 km/jam. Kata Kunci : Kata kunci : rolling speed , skid, stabilitas, sudut belok. This study aimed to determine the vehicle stability by observing the speed limit allowable vehicle when turning at an angle . These parameters were measured in order to determine critical speed where the vehicle will skid and experience rolling speed.By knowing the critical speed of the vehicle will help the driver to control the vehicle's speed at the time to turn at certain turning radius. The results of the study Stability Analysis Turn draft Vehicles Ganesha Electric Vehicles 1.0 Generation 1 transmission Continuous Variable Transmission (CVT) Method Using Quasi Static-based Microsoft Visual Studio with programming language C # that vehicle tends to have behavioral responsiveness during turns that oversteer during constant speed and skid occurs at a speed of 20 km / h and the rolling speed will occur at a speed of 30 km / h where; front skid occurred on a front turn angle (αf) = 420 with front skid speed (Vsf) = 10.9 km / h, and the vehicle is rolling speed at the next turn angle (af) = 390 with a speed of rolling speed (Vg) = 22 , 4 km / h. keyword : Keywords : angle of turn , rolling speed, skid,stability.
id IOS13979.article-8045
institution Universitas Pendidikan Ganesha
institution_id 49
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha
library_id 580
collection Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha
repository_id 13979
subject_area Pendidikan Teknik Mesin
Teknik Mesin
city BULELENG
province BALI
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13979
first_indexed 2020-06-15T03:19:12Z
last_indexed 2020-09-30T19:01:23Z
recordtype dc
_version_ 1686849030595805184
score 17.538404