Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X di SMK Swasta Az-Zahra Sonomartani T.P. 2019/2020

Main Authors: Endangsih, Sri, Rahma, Indah Fitria
Format: Article info Research application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1864
http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1864/1785
http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/downloadSuppFile/1864/61
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika, serta efektifitas pengguanaan model pembelajaran Examples Non Examples dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen serta dilakukan di SMK Az- Zahra sonomartani dengan jumlah siswa 33 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif data, dengan uji t serta uji gain. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) dengan menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan kemapuan berfikir kritis siswa memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran tersebut yaitu 57,30 dibandingkan 83,55. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran examples non examples 75 setelah menggunakan model pembelajaran examples non examples 95. Berdasarkan hasil uji t dengan menggunakan SPSS 17.30 diketahui nilai signifikan 0,0510 > α = 0,05 sehingga Ha diterima. Berarti terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Hasil uji N-Gain Score menunjukan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk metoda pembelajaran Examples Non Examples sebesar 62,6187 atau 62,62 % dengan kategori cukup efektif. Simpulan dengan penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples cukup efektif dalam meningkatkan berfikir kritis siswa semakin tinggi sesuaian dengan kegiatan ekstrakurikuler dengan minat maka semakin tinggi kreativitas siswa dengan nilai rxy1=0,546 (2) Semakin tinggi kesesuaian kegiatan ekstrakurikuler dengan minat maka semakin tinggi kemandirian dengan nilai rxy2=0,599. (3) Semakin tinggi kesesuaian kegiatan ekstrakurikuler dengan minat maka semakin tinggi kesiapan kerja siswa dengan nilai rxy3=0,574.