Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Self Efficacy Matematis Siswa

Main Author: Ernawati, Ernawati
Format: Article info Research application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1851
http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1851/1783
http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/downloadSuppFile/1851/58
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas X Smk Swasta Az – Zahra Sonomartani, 2 ) untuk mengetahui ada pengaruh kepercayaan diri siswa setelah mengikuti pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan tempat penulis mengadakan penelitian adalah SMK Swasta Az – Zahra Sonomartani dikelas X Akuntansi tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 89 siswa. Sampel dalam penelitian ini kelas X Akuntasi sebanyak 33 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara tes dan nontes, tes berupa uraian dan nontes berupa angket , teknik analisis data yang digunakan adalah, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis atau uji t. Berdasarkan hasil tes yang diberikan rata-rata nilai pretest siswa adalah 18.85 dan standar deviasi 4.512 dan rata-rata nilai posttest siswa adalah 27.57 dan standar deviasi 5.321 hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa berpengaruh setelah diberikan perlakuan ( pembelajaran problem based learning). Hasil nontes yang diberikan rata-rata nilai pretest siswa adalah 27.45 dan standar deviasi 6.860 dan rata-rata nilai posttest siswa adalah 46.39 dan standar deviasi 7.318 hal ini menunjukkan bahwa kemampuan self efficacay siswa berpengaruh setelah diberikan perlakuan ( pembelajaran problem based learning) Berdasarkan pengujian hipotesis pertama menggunakan uji t dengan teknik indenfendent samples t-test ditunjukkan bahwa kelas eksperimen pada taraf signifikan α = 0.05 dalam kasus ini nilai sig 0.000 > 0.005 sehingga dalam hal ini H0 ditolak Ha diterima berarti ada pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hipotesis kedua menggunakan uji t dengan teknik indenfendent samples t-test ditunjukkan bahwa kelas eksperimen pada taraf signifikan α = 0.05 dalam kasus ini nilai sig 0.000 > 0.005 sehingga dalam hal ini H0 ditolak Ha diterima berarti ada pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan self efficacy matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa semakin sering guru menggunakan pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran Matematika, maka kemampuan komunikasi dan self efficacy siswa akan semakin meningkat.