PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII MTS SWASTA AL-WASHLIYAH BANDAR DURIAN

Main Author: M.Pd, Rohani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu , 2017
Online Access: http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1282
http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1282/1265
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII MTS Swasta Al-Washliyah Bandar Durian. Dari hasil analisis uji data diperoleh bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa adalah t hitung sebesar 18,550 dengan t tabel sebesar 2.75, maka t tabel lebih kecil dari t hitung. Hipotesis Ada Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa dapat Diterima. t tabel lebih kecil dari t hitung maka Hipotesis Positif Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa diterima pada taraf signifikansi 0.05 atau kepercayaan H1 diterima 95%. Berdasarkan hasil estimasi Regresi Linear dengan program SPSS for windows diatas, maka dapat disimpulkan persamaan regresi linear dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Y = 46.464 + 0.496 X. Dari perhitungan dengan menggunakan uji F, yang dipergunakan untuk melihat keberartian hipotesis diperoleh nilai F tabel = 3.23 sedangkan F hitung 117,541 jadi F tabel lebih kecil dari F hitung, ini menunjukkan bahwa Ada Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada taraf kepercayaan 95% dan Alpha 5% dapat diterima.Peningkatan hasil belajar matematika dapat dilakukan dengan menerapkanModel Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang baik dalam pembelajaran matematika.