PEMBINAAN MORAL SISWA MELALUI PENGAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DENGAN METODE DEMONSTRASI
Main Author: | Ruhendra, Usep |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal FKIP : MOTION
, 2012
|
Online Access: |
http://www.ejournal-unisma.net/ojs/index.php/motion/article/view/337 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini berangkat dari adanya pemikiran sejauhmana pelaksanaan pengajaran pendidikan jasmani yang mengandung nilai-nilai moral di dalamnya dapat membina dan mengubah sikap tanggung jawab, disiplin, kerjasama, dan sikap sportif serta prilaku moral lainnya. Kenyataan yang teramati di sekolah bahwa pembinaan terhadap ketiga aspek seperti kognitif, psikomotor, dan afektif masih timpang sebab penekanan pengajaran masih tertumpu pada pengembangan aspek gerak (psikomotor) sementara aspek kognitif dan afektif agar terlantar. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan dan di atur dalam penerapan siklus tindakan sebanyak dua kali. Dari hasil pengolahan data ternyata penelitian ini mampu memberikan gambaran bahwa pembinaan nilai-nilai moral melalui pengajaran pendidikan jasmani ternyata efektif terutama pada sikap disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan sikap sportif pada siswa. Penelitiam ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan metode demonstrasi dengan rancangan penerapan dua siklus tindakan. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Bandung. Pokus penelitian ini adalah pembinaan moral siswa melalui pengajaran pendidikan jasmani.Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI (khusus putra) SMA Negeri 2 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, foto kegiatan, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data ternyata penerapan pembinaan moral siswa melalui pengajaran pendidikan jasmani ternyata cukup efektif terutama perubahan pada sikap disiplin, tanggung jawab, kerjasama dan sikap sportif. Hal ini didukung dengan hasil pengolahan data pada setiap penerapan siklus tindakan yang menunjukkan kemajuan berarti pada efektifitas pembinaan moral siswa melalui pengajaran pendidikan jasmani dengan metode demonstrasi. Dari hasil penelitian dapat direkomendasikan bahwa penerapan model pembinaan moral siswa melalui pengajaran pendidikan jasmani dengan metode demonstrasi dapat dijadikan alternatif pembinaan terutama sikap-sikap seperti disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan sikap psortif.