Pemberian Penguatan Positif oleh Guru dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Hubungan Satuan Panjang Pelajaran Matematika Kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor

Main Author: Lubis, Herlina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1992
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1992/1422
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1992
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pemberian Penguatan Positif oleh Guru dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Hubungan Satuan Panjang Pelajaran Matematika Kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor</title><creator>Lubis, Herlina</creator><subject lang="en-US">education</subject><description lang="en-US">Adapun masalah pada penelitian ini adalah apakah pemberian penguatan positif seperti hadiah dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Motivasi berprestasi siswa akan meningkat jika diberikan penguatan positif berupa hadiah pada pembelajaran matematika di kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor. Populasi penelitian ini dilakukan terhadap seluruh peserta didik kelas II di SD Negeri 067257&#xA0; Medan Amplas. Berjumlah 44 orang, dengan menggunakan penguatan positif (hadiah). Penelitian ini dilakukan untuk bidang studi Matematika Pokok Bahasan &#x201C;Hubungan Satuan Panjang&#x201D;. Alat yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk guru, lembar observsi motivasi siswa dan daftar nilai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, nilai rata-rata hitung siswa adalah 5,70 pada siklus I nilai rata-rata hitung siswa naik yaitu 6,02 sedangkan pada siklus II terjadi kenaikan yang sangat signifikan, nilai rata-rata siswa naik menjadi 8,81. Kesimpulan : Ada kolerasi antara penggunaan penguatan positif (hadiah) dengan motivasi berprestasi siswa.Kata Kunci: Penguatan Positif, Motivasi Belajar, Pelajaran Matematika.</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-11-27</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1992</identifier><identifier>10.30743/mkd.v2i2.1992</identifier><source lang="en-US">MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial; Vol 2, No 2 (2018); 58-70</source><source>2622-1373</source><source>2614-1159</source><source>10.30743/mkd.v2i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1992/1422</relation><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1992</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Lubis, Herlina
title Pemberian Penguatan Positif oleh Guru dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Hubungan Satuan Panjang Pelajaran Matematika Kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor
publisher Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera
publishDate 2019
topic education
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1992
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1992/1422
contents Adapun masalah pada penelitian ini adalah apakah pemberian penguatan positif seperti hadiah dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Motivasi berprestasi siswa akan meningkat jika diberikan penguatan positif berupa hadiah pada pembelajaran matematika di kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor. Populasi penelitian ini dilakukan terhadap seluruh peserta didik kelas II di SD Negeri 067257 Medan Amplas. Berjumlah 44 orang, dengan menggunakan penguatan positif (hadiah). Penelitian ini dilakukan untuk bidang studi Matematika Pokok Bahasan “Hubungan Satuan Panjang”. Alat yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk guru, lembar observsi motivasi siswa dan daftar nilai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, nilai rata-rata hitung siswa adalah 5,70 pada siklus I nilai rata-rata hitung siswa naik yaitu 6,02 sedangkan pada siklus II terjadi kenaikan yang sangat signifikan, nilai rata-rata siswa naik menjadi 8,81. Kesimpulan : Ada kolerasi antara penggunaan penguatan positif (hadiah) dengan motivasi berprestasi siswa.Kata Kunci: Penguatan Positif, Motivasi Belajar, Pelajaran Matematika.
id IOS13929.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1992
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
dpr.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial
repository_id 13929
subject_area Sejarah
Pendidikan
Ilmu-ilmu Sosial
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13929
first_indexed 2020-06-05T01:49:56Z
last_indexed 2020-11-24T17:56:24Z
recordtype dc
_version_ 1686844224233799680
score 17.538404