Penggunaan Teknik Simulasi dalam Mengefektifkan Hasil Belajar PKN Kompetensi Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor

Main Author: Arih, Sada
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1990
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1990/1420
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif kompetensi mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan teknik simulasi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi/evaluasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran kontekstual, lembar catatan lapangan, dan tes objektif dalam bentuk esay tes. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pada saat pretes sebanya 26 orang sebesar 52% dan meningkat dengan nilai 38 sebesar 76% pada siklus I kemudian pada hasil tes siklus II meningkat nilai 47 sebesar 94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif kompetensi mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor.Kata Kunci: Teknik Simulasi, Efektivitas Hasil Belajar, Deskripsi NKRI.