Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar
Main Authors: | Miryani, Annisa Rizqi, Muslim, Arifin, Pamujo, Pamujo |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1522 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1522/1550 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1522 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar</title><creator>Miryani, Annisa Rizqi</creator><creator>Muslim, Arifin</creator><creator>Pamujo, Pamujo</creator><subject lang="en-US">education</subject><description lang="en-US">Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.  Setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kaliwadas 01 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Alat pengumpulan data yaitu lembar soal evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan prestasi belajar terlihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh rata-rata 110.87 dengan ketuntasan belajar 55% dan siklus II memperoleh rata-rata 164.18 dengan ketuntasan sebesar 82%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 27%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar matematika.Kata Kunci: Prestasi belajar, pembelajaran kontekstual, matematika</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-02-19</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1522</identifier><identifier>10.30743/mkd.v4i1.1522</identifier><source lang="en-US">MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial; Vol 4, No 1 (2020); 22-25</source><source>2622-1373</source><source>2614-1159</source><source>10.30743/mkd.v4i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1522/1550</relation><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1522</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Miryani, Annisa Rizqi Muslim, Arifin Pamujo, Pamujo |
title |
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar |
publisher |
Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera |
publishDate |
2020 |
topic |
education |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1522 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1522/1550 |
contents |
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kaliwadas 01 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Alat pengumpulan data yaitu lembar soal evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan prestasi belajar terlihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh rata-rata 110.87 dengan ketuntasan belajar 55% dan siklus II memperoleh rata-rata 164.18 dengan ketuntasan sebesar 82%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 27%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar matematika.Kata Kunci: Prestasi belajar, pembelajaran kontekstual, matematika |
id |
IOS13929.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1522 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id dpr.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial |
repository_id |
13929 |
subject_area |
Sejarah Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13929 |
first_indexed |
2020-06-05T01:49:56Z |
last_indexed |
2020-12-23T05:04:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686844224222265344 |
score |
17.538404 |