Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar
Main Authors: | Maulida, Yulia Nur, Eka, Karma Iswasta, Wiarsih, Cicih |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1521 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1521/1549 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1521 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar</title><creator>Maulida, Yulia Nur</creator><creator>Eka, Karma Iswasta</creator><creator>Wiarsih, Cicih</creator><subject lang="en-US">education</subject><description lang="en-US">Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa kelas IV SD Negeri 3 Karangnanas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa kelas IV SD Negeri 3 Karangnanas melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan tes dan non tes. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal evaluasi dan angket untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,0 dengan kriteria cukup baik dan siklus II mengalami peningkatan memperoleh nilai rata-rata 3,6 dengan kriteria baik. Peningkatan juga terjadi pada sikap kerjasama siswa yang datanya diambil dari lembar angket pada setiap siklusnya. Hasil yang diperoleh dari angket menunjukkan sikap kerjasama pada siklus I memproleh skor rata-rata 3,20 dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 3,63 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa.Kata kunci: Model pembelajaran, Problem Based Learning, berpikir kritis.</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-02-19</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1521</identifier><identifier>10.30743/mkd.v4i1.1521</identifier><source lang="en-US">MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial; Vol 4, No 1 (2020); 16-21</source><source>2622-1373</source><source>2614-1159</source><source>10.30743/mkd.v4i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1521/1549</relation><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1521</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Maulida, Yulia Nur Eka, Karma Iswasta Wiarsih, Cicih |
title |
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar |
publisher |
Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera |
publishDate |
2020 |
topic |
education |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1521 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1521/1549 |
contents |
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa kelas IV SD Negeri 3 Karangnanas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa kelas IV SD Negeri 3 Karangnanas melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan tes dan non tes. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal evaluasi dan angket untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,0 dengan kriteria cukup baik dan siklus II mengalami peningkatan memperoleh nilai rata-rata 3,6 dengan kriteria baik. Peningkatan juga terjadi pada sikap kerjasama siswa yang datanya diambil dari lembar angket pada setiap siklusnya. Hasil yang diperoleh dari angket menunjukkan sikap kerjasama pada siklus I memproleh skor rata-rata 3,20 dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 3,63 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa.Kata kunci: Model pembelajaran, Problem Based Learning, berpikir kritis. |
id |
IOS13929.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1521 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id dpr.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial |
repository_id |
13929 |
subject_area |
Sejarah Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13929 |
first_indexed |
2020-06-05T01:49:56Z |
last_indexed |
2020-12-23T05:04:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686844224198148096 |
score |
17.538404 |