Penggunaan Strategi Think, Talk, Write (TTW) terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar

Main Authors: Tyas, Dhuhita Ayuning, Eka, Karma Iswasta, Wiarsih, Cicih
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520/1548
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1520
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penggunaan Strategi Think, Talk, Write (TTW) terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar</title><creator>Tyas, Dhuhita Ayuning</creator><creator>Eka, Karma Iswasta</creator><creator>Wiarsih, Cicih</creator><subject lang="en-US">education</subject><description lang="en-US">Latar belakang penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap percaya diri siswa. Siswa belum mampu menunjukkan sikap percaya dirinya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik melalui Strategi Think, Talk, Write (TTW). Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan berjumlah 27 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik non tes. Data sikap percaya diri siswa diperoleh pada observasi sikap percaya diri yang diamati setiap pertemuan dan skala sikap percaya diri yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir pertemuan setiap siklusnya. Berdasarkan penelitian tersebut hasil skala sikap percaya diri siklus I yaitu memperoleh rata-rata 79,02% dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh rata-rata 86,92% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi Think, Talk, Write (TTW) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan.Kata kunci: Percaya Diri, Pembelajaran Tematik, Strategi Think, Talk, Write.</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-02-19</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520</identifier><identifier>10.30743/mkd.v4i1.1520</identifier><source lang="en-US">MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial; Vol 4, No 1 (2020); 8-15</source><source>2622-1373</source><source>2614-1159</source><source>10.30743/mkd.v4i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520/1548</relation><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1520</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Tyas, Dhuhita Ayuning
Eka, Karma Iswasta
Wiarsih, Cicih
title Penggunaan Strategi Think, Talk, Write (TTW) terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar
publisher Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera
publishDate 2020
topic education
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520/1548
contents Latar belakang penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap percaya diri siswa. Siswa belum mampu menunjukkan sikap percaya dirinya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik melalui Strategi Think, Talk, Write (TTW). Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan berjumlah 27 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik non tes. Data sikap percaya diri siswa diperoleh pada observasi sikap percaya diri yang diamati setiap pertemuan dan skala sikap percaya diri yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir pertemuan setiap siklusnya. Berdasarkan penelitian tersebut hasil skala sikap percaya diri siklus I yaitu memperoleh rata-rata 79,02% dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh rata-rata 86,92% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi Think, Talk, Write (TTW) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan.Kata kunci: Percaya Diri, Pembelajaran Tematik, Strategi Think, Talk, Write.
id IOS13929.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1520
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
dpr.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial
repository_id 13929
subject_area Sejarah
Pendidikan
Ilmu-ilmu Sosial
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13929
first_indexed 2020-11-24T17:56:23Z
last_indexed 2020-12-23T05:04:46Z
recordtype dc
_version_ 1686844224320831488
score 17.538404