Penggunaan Strategi Think, Talk, Write (TTW) terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar
Main Authors: | Tyas, Dhuhita Ayuning, Eka, Karma Iswasta, Wiarsih, Cicih |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520/1548 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1520 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Penggunaan Strategi Think, Talk, Write (TTW) terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar</title><creator>Tyas, Dhuhita Ayuning</creator><creator>Eka, Karma Iswasta</creator><creator>Wiarsih, Cicih</creator><subject lang="en-US">education</subject><description lang="en-US">Latar belakang penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap percaya diri siswa. Siswa belum mampu menunjukkan sikap percaya dirinya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik melalui Strategi Think, Talk, Write (TTW). Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan berjumlah 27 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik non tes. Data sikap percaya diri siswa diperoleh pada observasi sikap percaya diri yang diamati setiap pertemuan dan skala sikap percaya diri yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir pertemuan setiap siklusnya. Berdasarkan penelitian tersebut hasil skala sikap percaya diri siklus I yaitu memperoleh rata-rata 79,02% dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh rata-rata 86,92% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi Think, Talk, Write (TTW) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan.Kata kunci: Percaya Diri, Pembelajaran Tematik, Strategi Think, Talk, Write.</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-02-19</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520</identifier><identifier>10.30743/mkd.v4i1.1520</identifier><source lang="en-US">MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial; Vol 4, No 1 (2020); 8-15</source><source>2622-1373</source><source>2614-1159</source><source>10.30743/mkd.v4i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520/1548</relation><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1520</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Tyas, Dhuhita Ayuning Eka, Karma Iswasta Wiarsih, Cicih |
title |
Penggunaan Strategi Think, Talk, Write (TTW) terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar |
publisher |
Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera |
publishDate |
2020 |
topic |
education |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1520/1548 |
contents |
Latar belakang penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap percaya diri siswa. Siswa belum mampu menunjukkan sikap percaya dirinya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik melalui Strategi Think, Talk, Write (TTW). Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan berjumlah 27 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik non tes. Data sikap percaya diri siswa diperoleh pada observasi sikap percaya diri yang diamati setiap pertemuan dan skala sikap percaya diri yang diberikan kepada siswa pada setiap akhir pertemuan setiap siklusnya. Berdasarkan penelitian tersebut hasil skala sikap percaya diri siklus I yaitu memperoleh rata-rata 79,02% dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh rata-rata 86,92% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi Think, Talk, Write (TTW) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 1 Sokaraja Wetan.Kata kunci: Percaya Diri, Pembelajaran Tematik, Strategi Think, Talk, Write. |
id |
IOS13929.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1520 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id dpr.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial |
repository_id |
13929 |
subject_area |
Sejarah Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13929 |
first_indexed |
2020-11-24T17:56:23Z |
last_indexed |
2020-12-23T05:04:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686844224320831488 |
score |
17.538404 |