Strategi Pemasaran Homestay di Kabupaten Samosir (Studi Homestay di Desa Huta Tinggi Kecamatan Pangururan)

Main Author: Dalimunthe, Asmah Kartika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera , 2019
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1331
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1331/1227
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1331
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Strategi Pemasaran Homestay di Kabupaten Samosir (Studi Homestay di Desa Huta Tinggi Kecamatan Pangururan)</title><creator>Dalimunthe, Asmah Kartika</creator><subject lang="en-US"/><description lang="en-US">Penelitian ini terfokus kepada menganalisis strategi perencanaan dan pemasaran homestay yang selama ini sudah dilakukan di Desa Huta Tinggi. Pendekatan dan metode yang digunakan kualitatif dan metode yang digunakan deskriptif kualitatif dimana dalam proses pemerolehan data, peneliti terlibat langsung dengan informan turis lokal maupun mancanegara dan para pelaku pariwisata dan mengadakan survey langsung ke objek yang diteliti. Dari hasil analisa dan pengolahan didapatkan hasil tentang: 1) setiap pelaku usaha homestay harus memiliki keunggulan atas yang lainnya; 2) perencanaan homestay melibatkan semua komponen masyarakat dan 3) berdasarkan faktor internal dan eksternal maka strategi yang dilakukan intensif atau integratif. Strategi intensif merupakan strategi dengan cara penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar, sedangkan strategi integratif dilakukan dengancara integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi. Peningkatan kualitas pelayanan termasuk juga sarana dan prasarana perlu ditingkatkan. Peran serta masyarakat, stakeholders dan Pemerintah merupakan hal mutlak yang tidak bisa diabaikan. Selain itu penyuluhan program Sapta Pesona kepada tokoh masyarakat khususnya para generasi muda bahwa aset yang dimiliki mempunyai daya tarik yang tinggi harus ditanamkan secara berkesinambungan.Kata kunci:&#xA0;Strategi pemasaran, perencanaan, homestay.</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-08-10</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1331</identifier><identifier>10.30743/mkd.v3i2.1331</identifier><source lang="en-US">MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial; Vol 3, No 2 (2019); 6-10</source><source>2622-1373</source><source>2614-1159</source><source>10.30743/mkd.v3i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1331/1227</relation><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1331</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Dalimunthe, Asmah Kartika
title Strategi Pemasaran Homestay di Kabupaten Samosir (Studi Homestay di Desa Huta Tinggi Kecamatan Pangururan)
publisher Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera
publishDate 2019
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1331
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1331/1227
contents Penelitian ini terfokus kepada menganalisis strategi perencanaan dan pemasaran homestay yang selama ini sudah dilakukan di Desa Huta Tinggi. Pendekatan dan metode yang digunakan kualitatif dan metode yang digunakan deskriptif kualitatif dimana dalam proses pemerolehan data, peneliti terlibat langsung dengan informan turis lokal maupun mancanegara dan para pelaku pariwisata dan mengadakan survey langsung ke objek yang diteliti. Dari hasil analisa dan pengolahan didapatkan hasil tentang: 1) setiap pelaku usaha homestay harus memiliki keunggulan atas yang lainnya; 2) perencanaan homestay melibatkan semua komponen masyarakat dan 3) berdasarkan faktor internal dan eksternal maka strategi yang dilakukan intensif atau integratif. Strategi intensif merupakan strategi dengan cara penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar, sedangkan strategi integratif dilakukan dengancara integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi. Peningkatan kualitas pelayanan termasuk juga sarana dan prasarana perlu ditingkatkan. Peran serta masyarakat, stakeholders dan Pemerintah merupakan hal mutlak yang tidak bisa diabaikan. Selain itu penyuluhan program Sapta Pesona kepada tokoh masyarakat khususnya para generasi muda bahwa aset yang dimiliki mempunyai daya tarik yang tinggi harus ditanamkan secara berkesinambungan.Kata kunci: Strategi pemasaran, perencanaan, homestay.
id IOS13929.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1331
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
dpr.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial
repository_id 13929
subject_area Sejarah
Pendidikan
Ilmu-ilmu Sosial
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13929
first_indexed 2020-11-24T17:56:24Z
last_indexed 2020-11-24T17:56:24Z
recordtype dc
_version_ 1686844224339705856
score 17.538404