Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Sma

Main Author: Kiswanto, Wawan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Kerjasama Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan dengan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI) , 2017
Online Access: http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2717
http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2717/1238
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan problem based learning lebih baik dari pada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan konvensional, dilihat dari kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah). Kemudian penelitian ini melihat sikap siswa terhadap pembelajaran matematika  menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Desain penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design dengan adanya dua perlakuan yang berbeda, dan pengambilan sampel yang dilakukan secara acak kelas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Ciamis, sampel pertama kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah murid 30 dan kelas XI MIA1 dengan jumlah murid 30. Analisis data menggunakan uji Anava dua jalur dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan problem based learning lebih baik dari pada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan konvensional, dilihat dari kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah), terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan berpikir kreatif. Terakhir sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning