Implementasi E-learning untuk Mengembangkan self efficacy siswa
Main Authors: | Wahyudin, Yudin, Mubarika, Melinda Putri, Firmansyah, Eka |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Terbitan: |
Kerjasama Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan dengan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI)
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2711 |
Daftar Isi:
- Untuk menjawab tuntutan dunia pendidikan saat ini, model pembelajaran E-Learning merupakan salah satu model pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran E-Learning yang diduga dapat mengembangkan keyakinan (self-efficacy). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode campuran triangulasi (mixed methode triangulasi), dalam strategi ini peneliti mengumpulkan data kuantitatif dan data kualitatif secara konkruen (dalam satu waktu). Sampel penelitiannya siswa-siswi kelas XI MIA 7 dan kelas XI MIA 8 SMAN 8 Bandung. Hasil penelitian: 1) Self Efficacy siswa yang memperoleh model Pembelajaran e-learning tidak lebih baik atau relative sama dibandingkan dengan Self Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Faktor-faktor yang dapat meningkatkan self eficacy siswa dengan pembelajaran e-learning menurut pendapat siswa adalah : motivasi diri siswa, suasana pembelajaran yang menyenangkan, fasilitas yang memadai dan sikap guru yang menyenangkan.